5 Cara Menghindari Penipuan Belanja Online di Internet

Belanja online merupakan aktifitas jual beli yang sering dilakukan para pengguna internet. Selain kemudahan dalam bertransaksi jual beli barang tanpa perlu keluar rumah hanya duduk di depan komputer barang yang kita inginkan bisa langsung diantar di rumah, kita juga harus memperhatikan kemungkinan terburuk serta waspada terhadap pihak-pihak yang tak bertanggung jawab yang mengambil kesempatan dalam proses transaksi jual beli online via internet.
Dalam proses tranksaksi jual beli online atau yang sering kita sebut belanja online via internet keamanan dalam transaksi menjadi hal yang patut kita perhatikan. Untuk menghindari penipuan dan kerugian dalam berbelanja di internet ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penipuan dan kekecewaan anda dalam transaksi online.
Berikut ini adalah 5 tips belanja online via internet untuk mencegah dan mengurangi resiko terjadinya penipuan dalam belanja online via internet.

online-shopping-2

  1. Ketahuilah informasi produk dan penjualnya. Amati lebih detail deskripsi produk seta reputasi web tau pedagang online
  2. Jangan mudah memberikan informasi pribadi anda dan keuangan secara online maupun offline
  3. Waspada phising, Yang biasanya meminta informasi rekening lewat email dan telepon. Lebih berhati-hati dalam menanggapi semua email yang masuk dan telepon yang meminta informasi keuangan melalui email atau telepon.
  4. Waspadai metode pembayaran tak lazim, Misalnya pembayaran sebagian dilakukan dari beberapa rekening, dan hanya mencantumkan metode pembayaran tunai via pos.
  5. Gunakan metode pembayaran aman dan terpercaya. Bisa menggunakan rekening bersama atau metode pembayaran PayPal, yang memberikan asurasin terhadap transaksi. Perlindungan pembelian dari PayPal ini menawarkan asuransi USD 1.000 pada setiap barang yang tidak diterima atau berbeda dari deskripsinya.

Dengan selalu waspada dan menerapkan 5 tips sebelum belanja online via internet tersebut kita bisa mendapatkan kemudahan dalam berbelanja serta kenyamanan dalam mendapatkan barang dan produk yang kita inginkan tanpa perlu khawatir menjadi korban penipuan.
Butuh bantuan? Silahkan Chat